Film · sinopsis

Moana – Pahlawan Bagi Bumi, Pahlawan Bagi Diri Sendiri

Menjadi pahlawan tidak hanya untuk seluruh kehidupan di bumi, tapi juga untuk diri sendiri. Pahlawan untuk kata hati dari lubuk sanubari.

Apa yang lebih penting dari mengikuti kata hati?

Apa yang lebih jujur daripada hasrat diri yang muncul dari dalam sanubari?

***

Te Fiti adalah nama dari dewi pulau. Ia menciptakan kehidupan di bumi dengan membuat pulau-pulau di atas lautan. Setelah itu sang dewi merebahkan dirinya di atas samudera, turut menjadi sebuah pulau besar yang indah.

Di tengah-tengah kedamaian bumi pada saat itu, muncullah Maui si manusia setengah dewa dengan senjatanya kail ajaib yang dapat mengubah Maui menjadi apa saja yang ia mau. Maui datang ke pulau Te Fiti dan mencuri jantungnya. Saat Maui mulai meninggalkan pulau Te Fiti yang perlahan menggelap karena kehilangan jantung, muncullah Te Ka, monster bara api yang menyerang Maui. Pertarungan Maui dengan Te Ka membuat kail Maui dan jantung Te Fiti jatuh ke dasar samudera. Maui pun menghilang sejak saat itu.

Beribu tahun kemudian lahirlah Moana Waialiki, putri dari kepala suku di desa Motunui. Sejak kecil ia sudah dipersiapkan untuk menjadi kepala suku berikutnya, menggantikan ayahnya. Sejak kecil pula hasratnya pada lautan luas tumbuh perlahan dan menguat seiring bertambahnya waktu. Sayang, sudah beberapa generasi di pulau itu berlaku peraturan ketat: tidak seorang pun penduduk pulau yang boleh melewati batas karang dan pergi ke tengah samudera.

Nenek Moana, the crazy women, sebenarnya menolak peraturan itu. Tapi yang dapat ia lakukan hanyalah mendongeng kepada anak-anak kecil tentang legenda Te Fiti, Maui dan Te Ka yang ia yakin adalah kisah nyata. Ia yakin bahwa suatu saat, ada seseorang yang harus mengembalikan jantung Te Fiti atau hal buruk akan terjadi di seluruh penjuru bumi, termasuk pulau mereka.

Waktu berlalu dan Moana tiba pada saat dimana dia diangkat menjadi kepala suku Motunui. Di tengah-tengah kepemimpinannya, terjadi hal aneh di pulau. Buah-buah kelapa membusuk dan ikan-ikan tidak ada lagi.

Nenek Moana teringat dengan legenda Te Fiti. Ia mendesak Moana untuk mengemban sebuah misi demi Motunui, pulau mereka, dan seluruh kehidupan di atas bumi. Moana harus berlayar ke samudera lepas –yang tak pernah dijelajahinya- dan mengembalikan jantung Te Fiti. Bagaimanapun caranya. Sesulit apapun tantangannya.

Ini adalah sebuah kisah kepahlawanan. Moana harus menjadi pahlawan bagi rakyatnya. Dan yang lebih penting, Moana harus menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri, bagi kata hatinya, bagi panggilan jiwanya sendiri.

Berhasilkah Moana mengarungi samudera? Sanggupkah ia mengembalikan jantung Te Fiti kembali ke tempatnya dan menyelamatkan dunia?

Segera saksikan di bioskop-bioskop kesayangan Anda! 🙂

moana-2

Detail Film Moana (2016)

Genre: Animation, Adventure, Comedy
Sutradara: Ron Clements, John Musker
Penulis Naskah : Ron Clements, John Musker
Pengisi Suara Film Moana :

Dwayne Johnson – Maui (voice)
Auli’i Cravalho – Moana (voice)

Tanggal Rilis :  23 November 2016
Produksi :   Walt Disney Animation Studios, Walt Disney Pictures
Durasi Film : 126 Menit

Iklan

One thought on “Moana – Pahlawan Bagi Bumi, Pahlawan Bagi Diri Sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s