harihariku

Suka

“Kamu harus coba, Mon! Ini enak sekali. Favorit!”katanya penuh persuasif. Teman saya ini sedang mempromosikan nasi goreng di resto kesukaannya. Katanya hampir tiap punya kesempatan dia selalu makan nasi goreng itu. Sebagai gadis mungil yang lemah imannya dan gampang tergoda, saya pun segera percaya kalau nasi goreng itu enak.

Suatu hari saya akhirnya bertemu nasi goreng kebanggaan teman saya, menyuapkannya ke dalam mulut pertama kali dan kemudian merenungi rasanya. Dan jawaban saya adalah: biasa saja.

Saya, umm bukan kecewa, tapi agak penasaran bagaimana mungkin nasi goreng ini jadi favorit teman saya. Buat saya rasanya biasa saja. Tidak ada yang istimewa.

Bukan kali pertama saya mengalami hal ini. Sudah beberapa kali. Pokoknya aneka jenis makanan yang menurut saya biasa saja tapi menurut orang-orang luar biasa.

Saya yakin kondisi ini bisa berbalik. Sesuatu yang buat saya enak, bisa jadi buat orang lain biasa saja. Selera berbeda-beda, kan?

Kita boleh saja menampung pendapat orang lain, semua orang sekalipun. Tapi bukan berarti itu menjadi satu-satunya sumber keputusan. Kita masih harus melihat bukti-bukti lain yang tentu saja akurat, dan dari beberapa sumber serta sudut pandang. Cara yang paling akurat memang cuma satu sih: mencoba sendiri.

Mencobanya sendiri akan memberikan kita pengalaman pribadi yang spesial. Hasilnya sangat penting dan akurat serta membantu kita memutuskan suatu perkara.

***

“Kenapa kamu bisa suka dia?”tanyanya sambil mengernyitkan dahi. Belum cukup, ditunjuk-tunjuknya saya dengan garpu di tangan kanannya.

Saya mengangkat bahu. Saya tidak punya alasan mengapa menyukai dia. Lagipula kalau saya suka, belum tentu kamu suka. Kamu tidak suka, saya bisa saja suka sekali. Benar bukan?

Seperti nasi goreng favorit teman saya, belum tentu saya suka bukan? Seperti makan anggur pakai saus kacang, belum tentu dia suka bukan?

Dan ketika saya menyukai sesuatu, itu karena saya suka. Tidak harus karena kamu suka, kalian suka, semesta suka.

Iya, bukan?

*postingan lama, sebenarnya dibuat awal tahun 2015😀

baby cute

Tinggalkan Balasan

