harihariku · Setangkup Roti Cokelat

Kupegang Erat-erat

5a7e9d2b66c7862c7fa76889f2a5c709

 

Satu sore yang kemarau, saya pulang dan menyadari sesuatu : telapak tangan kanan saya kram. Ugh, rasanya sangat tidak nyaman. Pegel-pegel gimanaa gitu. Lalu saya pun tahu, kram itu karena saya menggenggam ujung tasa tangan saya terlalu erat.

Tas tangan yang saya sampirkan di bahu kanan itu sebenarnya talinya tergantung pas. Hanya saja saya seperti khawatir saja kalau sewaktu-waktu jatuh, terlepas atau ada penjambret yang tiba-tiba menarik paksa. Makanya ujung tas itu saya pegang erat-erat.

***

Pernah tidak teman-teman merasa terlalu ‘menjaga sesuatu’? Menjaga dengan amat sangat. Yah, menjaga dengan kadar yang berlebihan.

Kalau pernah, apa teman-teman merasa nyaman?

Saya akhirnya seperti menyadari bahwa kondisi ini membuat kita sangat tidak nyaman. Kita jadi sulit menikmati hidup lagi karena fokus kita hanya tertuju pada satu hal: sesuatu yang kita terlalu jaga tadi. Di sisi lain kita seperti selalu dihantui, selalu ketakutan tidak bisa menjaga dengan baik, khawatir kalau tiba-tiba ada yang merebut atau merampas baik secara terang-terangan atau sembunyi-sembunyi.

Bagaimana mungkin kita hidup bahagia dengan kondisi seperti itu, kan?

Mungkin sebaiknya kita sedikit melonggarkan pegangan kita. Menjaga boleh. Mengawasi bisa juga. Tapi kadarnya diturunkan sedikit. Setidaknya ini bisa membuat kita lebih bernapas lega dan jadi bisa lebih menikmati hidup dengan memperhatikan hal-hal lain yang ada di sekitar kita. Dan lihatlah betapa indahnya dunia. #halah

Lagipula saya selalu dinasehati seperti ini: semakin kuat kau jaga, semakin dekat kau dengan ‘kehilangan’.

Jika kita menggenggam pasir di tangan terlalu erat, butir-butir pasirnya justru malah jatuh semua,kan?

Makassar, 2 Oktober 2013

globos ballons roparanoias3

Tinggalkan Balasan

