.::bisikan kalbu::. · kampus

Kata Pengantar

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdulillahirobbilalamin. Puji syukur ke hadirat Dzat Maha Mencipta, Allah Swt., yang tidak pernah berhenti menganugerahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita dengan nikmat berislam. Sehingga segala keindahan yang pernah tercipta di jagat raya ini dapat kita rasakan, sehingga hakikat dan tujuan kehidupan dapat kita ketahui dan perjuangkan, dan untuk selanjutnya membuat semangat dalam diri berkorbar untuk tetap fighting mengarungi kehidupan dan segala tantangan yang ada di dalamnya.

Curahan salam dan shalawat senantiasa kita persembahkan kepada Nabiyullah Muhammad Saw. Sang revolusioner sejati tanpa cela yang dengan tulus ikhlas dan penuh cinta menerangi kita pada sebuah cahaya kebenaran hakiki yang menerangi kelamnya dunia saat itu, insya Allah saat ini, dan seterusnya sampai akhir zaman.

Tugas Akhir ini disusun sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam mencapai gelar kesarjanaan pada Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dengan judul :

PREDIKSI CURAH HUJAN DI KOTA MAKASSAR MENGGUNAKAN METODE ADAPTIVE NEURAL FUZZY INTERFERENCE SYSTEM (ANFIS)

Tugas Akhir adalah fase klimaks dalam kehidupan seorang mahasiswa, sebuah titik di mana bila telah terlewati, mahasiswa tersebut akan segera memasuki dunianya yang baru.

Proses penyelesaian Tugas Akhir ini berlangsung selama tujuh bulan. Selama kurun waktu tersebut banyak hal terjadi. Baik itu cerita-cerita bahagia, maupun selipan-selipan kisah sedih. Namun kami menyadari, bahwa kehidupan memang tidak selalu berjalan sesuai rencana. Terkadang kerikil-kerikil tajam diperlukan agar kita dapat berjalan lebih pelan, menikmati proses yang ada, dan memahami tentang esensi kehidupan dan perjuangan jauh lebih dalam.

Pada kesempatan kali ini penulis ingin menghaturkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah turut serta menemani dan mendampingi selama proses penyelesaian Tugas Akhir ini.

1. Kedua orangtua, adik, dan kakak kami, atas segala doa, nasihat, pengorbanan, kasih sayang serta segala jasanya.

2. Bapak Dr. Ir. Andani Ahmad, MT. dan Bapak Ir. Gassing, MT. selaku Ketua dan Sekretaris Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, atas segala dukungannya.

3. Bapak Indra Bayu, ST.,MT.,M.Bus.Sys., dan Novy Nur R.A. Mokobombang, ST,Ms.TM selaku Pembimbing I dan Pembimbing II atas segala bimbingan, bantuan, dan arahannya selama penulisan tugas akhir ini.

4. Segenap dosen dan staf Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin yang telah banyak membantu penulis.

5. Bapak Zulkifli Tahir dan Kak Darman yang telah membantu kami dalam menyelesaikan program dalam tugas akhir kami. Juga Ibunda Zaenab Muslimin atas nasehat dan semangatnya.

6. Segenap staf Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Makassar atas segala bantuan dan nasihatnya dalam penyelesaian tugas akhir ini.

7. Kepada teman-teman tim The Rain. Kita mengawali ini bersama, sayangnya kita tidak mengakhiri ini bersama pula. Tapi yakin saja, semua akan indah pada waktunya.

8. Sahabat-sahabat Pixel Zer07even, yang telah bersama-sama melalui hari-hari di kampus merah hitam ini. Secara kasat mata mungkin kita banyak berbeda. Namun kita sama-sama tahu di dalam jiwa dan hati ini kita selalu Satu = Sama. Terus berkarya!

9. Kepada Kanda-Kanda senior, Dinda-Dinda Spyware, Hologram, dan Detektor . Terima kasih untuk canda dan tawanya.

10. Teman-teman asisten LPLK.

11. Teman-teman UKM Neo Electrical Media, Workshop Elekto Unhas dan Mushollah Adz-Zarrah

12. Untuk seseorang yang selalu memberikan motivasi kepada kami walaupun hanya melalui sebuah senyuman biasa dan semangat serta sapaan sederhana. Sungguh, bagi kami itu luar biasa sekali.

13. Kepada Saudari Mustika Bolang yang tercinta.

14. Terakhir, kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.

Semoga Allah Swt membalas semua bantuan yang telah diberikan kepada kami. Amin.

Makassar, November 2011

Penulis

2 thoughts on “Kata Pengantar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s