harihariku · Setangkup Roti Cokelat

Pemuda Takkan Pernah Tua

Pemuda takkan pernah tua. Bila generasiku mulai menua, akan ada lagi pemuda-pemuda dari generasi baru yang akan memegang tongkat estafet –seperti yang telah tercatat dalamkitab-kitab terdahulu-.

Atau kuganti saja stetmenku? Bahwa aku tak mau tua. Seperti mereka-mereka yang begitu idealisnya saat muda, namun berubah ketika mulai menua bersama gelimangan harta dan kekuasaan. Ada juga para tetua yang tetap dengan idealisme mereka bersama kegelapan dan keterasingan. Semuanya tak ada gunanya. Jadi, jangan pernah tua!

Jangan pernah tua karena…

Jika kau tua, mungkin kau akan melupakan idealismemu atau justru tersudut di sudut-sudut gelap dengan mempertahankan idealismemu. Ayolah, kau hanya menyimpan idealismemu sendiri kan?

Lalu, generasi pelanjutmu tak ada yang terkader sempurna. Mereka hanya kerupuk-kerupuk yang segera lembek terciprat air. Sudahlah, jangan menyalahkan siapa-siapa. Birokrasi keterlaluan dengan mempertaruhkan kematangan jiwa dan raga anak didiknya tanpa prosesi pengaderan, namun kau yang di sana, menggeser rahang adik baru bukan contoh yang bagus!

Ini bukan zaman Rasulullah, benar! Tapi toh, Rasul dulu memulai dengan nol. Zaman jahiliyah. Orang-orang masih bodoh, keras kepala, karatan dengan adatnya yang kuno, sombong, kafir pula. Namun toh beliau akhirnya berhasil sempurna.

Nah sekarang. Kekerasanlah satu-satunya cara. Apa kau ingin menyalahkan keadaan? Menyalahkan situasi? Menyalahkan system dan lingkungan?

Aku tidak tahu. Rasa-rasanya aku ingin berpaling dari wajah-wajah baru itu…

 

Nah, bagaimana jika angkatanku jadi maba abadi saja?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s